Monday, March 30, 2009

Kejutan dari Albert Park – Melbourne Australia....

Musim Formula Satu atau F1 2009 sudah dimulai. Seri pertama adalah di Albert Park Melbourne Australia. Banyak perubahan terjadi, banyak insiden dan tentunya kejutan yang terjadi juga.

Perubahan dari sisi mobil pun sangat terasa, walaupun tidak berpengaruh besar dengan performa mobil F1 yang digeber habis oleh para pembalap. Tim-tim besar seperti Ferrari, McLaren ataupun BMW masih terus mencari performa atau bentuk yang terbaik untuk mobilnya dari pra musim alias pemanasan dan uji coba sampai ke awal seri di Albert Park kemarin.
Hal ini bisa terlihat dari hasil kualifikasi sabtu kemarin, dimana tidak adanya pembalap dari tim besar berada di pole position atau 3 lima besar sekalipun. Bahkan sang juara 2008 pun harus terseok-seok di posisi ke 15 dan akhirnya start di posisi ke 18 setelah terjadi kerusakan mesin. Sesuatu yang benar-benar diluar perhitungan, mungkin dari pengamat F1 sekalipun.

Kejutan besar terjadi dan dilakukan oleh tim pendatang baru alias Rookie tahun 2009 ini, Brawn GP yang dulu sebelumnya adalah Honda. Jenson Button dan Ruben Barrichello pastinya semua tahu adalah pembalap F1 yang sangat berpengalaman, tetapi dengan Brawn GP dan mesin dari Mercedes, yang mungkin dianggap sebagai tim baru, ternyata perpaduan ini memunculkan suatu prestasi yang cukup baik dan cukup mengejutkan untuk tim-tim lainnya. Pole position dan start kedua diambil oleh Jenson Button dan Ruben Barrichello, sedangkan Sebastian Vettel, pembalap muda dari Red Bull Racing berada di posisi ketiga.

Jenson Button mengawali debut dengan tim baru di Albert Park dengan sempurna dan memimpin terus jalannya lomba di Albert Park. Saat pit stop memang terjadi suatu masalah, tetapi Button masih berada di depan Sebastian Vettel dan tetap memimpin race tersebut. Barrichello pun tidak luput dari kesalahan, wing depan kiri bersentuhan dengan mobil dari Ferrari Kimi, tetapi tetap bertahan sampai akhirnya masuk pit untuk pergantian wing depan. Posisi kedua dan ketiga setelah Safety Car keluar, tetapi dipegang oleh Vettel dan Kubica.

Kemanakah tim besar lainnya? Hehehe....Ferrari dan McLaren sepertinya sangat kesulitan untuk mengejar posisi terdepan, meskipun beberapa kali Felipe Massa dan Kimi Raikonnen mencoba mengejar ketertinggalan yang ada. Hamilton pun sangat berat untuk mengejar ketertinggalan, start dari posisi ke18, mungkin hanya strategi yang tepat yang dipakai McLaren akan membawa posisi Hamilton lebih baik lagi. Kovalainen seperti biasa, DNF karena kecelakaan. Nasib yang kurang baik untuk Kovalainen di awal musim ini.

Race berjalan seperti biasa setelah Safety Car keluar karena kecelakaan dari mobil Nakajima. Mendekati race berakhir, mulailah tim Ferrari kedodoran dan ketahanan mobil mereka mulai dipertanyakan. Kimi dan Massa DNF karena problem mekanik mobil mereka di seri awal musim ini. Kejutan besar bagi tim sekelas Ferrari, di awal musim ini, tidak ada satu pun pembalap yang mencapai garis finis.

Mendekati akhir race, di bawah 10 lap, tepat tersisa 4 lap lagi, kejutan besar terjadi kembali J Vettel dan Kubica, dua pembalap muda dan bertalenta, ternyata tidak bisa menahan jiwa mudanya untuk tetap bersabar. Secara matematis, Vettel dan Kubica sudah aman untuk finis di posisi kedua dan ketiga. Tetapi memang, jiwa muda mereka masih terpacu untuk saling mengejar posisi kedua. Satu insiden di tikungan membuat kedua mobil mereka rusak di wing depan dan mereka pun mencoba untuk mempertahankan posisi tersebut. Ternyata memang sulit untuk sekelas F1 tanpa aerodinamis yang baik memacu mobil tersebut. Walhasil, Vettel dan Kubica tidak bisa mempertahankan mobilnya dan menghantam tembok di sisi kiri. Safety Car...Safety Car...hehehehe...kemenangan Button sudah diraih di sisa 4 lap tersebut. Keuntungan pun diraih Barrichello yang berada di posisi ke4, langsung berada di posisi kedua. Trulli pun meraih keuntungan ke posisi ke3 dan Hamilton, start dari posisi ke18, berada di posisi ke4. Ada kejadian setelah Safety Car keluar, Trulli mengambil alih posisi Hamilton yang ternyata sempat di depan Trulli. Hal ini sempat diperbincangkan oleh komentator StarSport. Well, race tetap race dan berjalan sampai garis finish dengan Safety Car di tikungan terakhir sebelum finish.

Kejutan besar, Button dan Barrichello dengan Brawn GP-nya P1 dan P2 sedangkan Trulli P3. Hamilton sang juara bertahan, dengan start dari posisi ke18 berada di P4. Glock dan Alonso mengikuti di P5 dan P6. Dan salah satu rookie di musim ini Sebastien Buemi dari STR Ferrari berada di P8.

Hasil resmi dari Albert Park 2009, dari P1 sampai P8 berturut-turut adalah Button-Barrichello-Hamilton-Glock-Alonso-Rosberg-Buemi-Bourdais. Trulli terkena penalti 25 detik dan hasil akhir adalah P12 karena menyalip Hamilton pada saat di belakang Safety Car. Sangat disayangkan untuk Trulli, karena usaha yang cukup baik di Albert Park ini menjadi sia-sia.

Race yang cukup menarik. Kejutan dari Brawn GP di Albert Park, finis P1 dan P2, Ferrari tidak finis untuk kedua mobilnya dan Hamilton, dengan posisi ke18 serta mobil yang kurang memuaskan di kualifikasi berada di P3. Rookie, Sebastien Buemi mendapat poin pertama dalam debutnya di F1 ini.

Race berikutnya adalah Sepang Malaysia. Mari kita tunggu apakah Brawn GP akan membuat sensasi seperti yang dilakukan di Albert Park? Atau tim-tim besar seperti Ferrari dan McLaren akan mulai keluar dari kesulitan yang terjadi? Kita tunggu jawabannya di akhir minggu ini.

Salam Olah Raga.

No comments: