Monday, May 5, 2008

Poin Pertama Indonesia: Heroik dan Membanggakan!

Kalau ada event olahraga yang sangat santai dinikmati dan penuh canda tawa bersama teman sambil makan siang dan minum susu, pastilah itu balap motor 250cc, dimana Doni Tata Pradita turun mewakili tim Yamaha Pertamina Indonesia. Isu seputar mampu tidaknya pembalap Indonesia meraih poin di dunia balap internasional - di tengah makin maraknya balap liar di jalanan lokal - terus bergulir sampai, pada akhirnya, dengan aksi heroiknya, Pradita berhasil meraih poin pertamanya (juga diklaim sebagai "poin pertama yang diraih Indonesia dalam keikutsertaannya di ajang balap internasional")

Seiring dengan itu, entah kebetulan atau bukan, pada penutupan balap A1 musim ini di Inggris, pembalap Indonesia Satrio Hermanto juga meraih sebiji poin, setelah menuntaskan Feature Race di posisi 10.

Balap motor 250cc sendiri kemarin menyisakan banyak cerita, seperti kesalahan Alvaro Bautista yang harus dibayar mahal dengan melorotnya posisi dari pemimpin balap menjadi urutan ke-13, perubahan posisi di depan sampai akhirnya Mika Kallio mengakhirinya sebagai juara, dan ditutup dengan blunder Yuki Takahashi, yang sebenarnya dapat mengklaim tempat terakhir di podium, namun karena manuver yang kebablasan di tikungan menjelang finis(kemungkinan karena faktor teknis), harus melorot ke urutan 7. Dan, tanpa mengecilkan perjuangan Pradita, kecelakaan yang menimpa 6 pembalap lain akhirnya melengkapi drama minggu siang kemarin di Shanghai.

Sementara dalam panggung utama bertajuk MotoGP - maaf, tidak ada pembalap Indonesia di ajang ini - aktor utama dalam beberapa musim terakhir yang mulai terpinggirkan, Valentino Rossi, akhirnya membuktikan bahwa kepiawaiannya membalap masih patut diperhitungkan. Dominasi yang dulu sempat ditunjukkannya sudah tidak ada lagi, bahkan musim ini diperkirakan akan berjalan seru dan ketat, melihat 4 seri yang sudah berjalan sejauh ini masing-masing dijuarai oleh pembalap yang berbeda. Persaingan yang merata ini semakin menarik untuk disaksikan minggu demi minggu. Semoga cepat sembuh, Jorge Lorenzo!

No comments: