Monday, May 26, 2008

Monaco oh Monaco....

Salam Olahraga.....

Luar biasa!!!
Itu yang bisa diberikan untuk GP Monaco 2008 kemarin malam.
Kesalahan sekecil apapun, bisa berakibat yang sangat luar biasa bagi si pembalap.
(Sampe pegel nih kepala nontonnya, film 300 sampai bener-bener gue lewatin)

Hujan sudah diprediksikan saat kualifikasi Sabtu kemarin digelar dan itu terjadi di race minggu kemarin.
Ferrari di pole position dan kedua, diikuti McLaren, BMW. Bila race kemarin tidak hujan, kemungkinan besar Ferrari P1 dan P2 (prediksinya begitu lho, soalnya susah overtake di Monaco).

Race dimulai dengan sangat baik oleh Massa dan Hamilton, sampai akhirnya Hamilton melakukan kesalahan sehingga masuk pit stop untuk mengganti ban kanan yang rusak akibat menghantam barrier. Kemudian diikuti Massa yang tidak bisa mengendalikan mobilnya selepas melewati garis start. Hal ini langsung diambil alih oleh Kubica yang menempel ketat Massa.
Nah disinilah ternyata strateginya McLaren, pergantian ban dan mengisi lebih banyak bahan bakar membuahkan hasil untuk Hamilton.
Hamilton leading cukup jauh akhirnya, sampai melakukan pitstop kedua, jarak antara Kubica-Masa sekitar 14 detik.
Pergantian ban intermediate ke ban untuk trek kering dilakukan oleh semua tim. Hamilton masih cukup menjaga jarak dengan Kubica-Massa. Yang sangat mengejutkan adalah Adrian Sutil dari Force India yang berada di lima besar, malah melewati sang juara bertahan Kimmi dari Ferrari. Sungguh suatu pencapaian yang sangat bagus untuk seorang Adrian Sutil dan Force India tentunya. Sampai akhirnya, insiden yang sangat parah dialami Nico Rosberg yang menghasilkan Safety Car untuk kedua kalinya mengubah keadaan. (Thanks God Rosberg keluar dengan selamat, sekali lagi Jet Darat F1 benar-benar mobil yang aman untuk pengendaranya.)

Setelah SC, Hamilton sepertinya sudah tidak bisa terbendung lagi. Dan lagi-lagi insiden yang sangat-sangat menyedihkan terjadi bagi Adrian Sutil dan Force India.
Insiden terjadi karena Ferrari yang dikendalikan Kimmi mendadak sliding dan tidak terhindarkan benturan dengan mobil Adrian Sutil. Keduanya masuk pit kembali, Kimmi keluar pit, Adrian Sutil tidak bisa melanjutkan lomba. Tampak di layar TV, betapa terpukulnya Adrian Sutil. Posisi yang sangat sulit dicapai (mungkin untuk musim 2008) bagi Force India dan Sutil sendiri, terpaksa dikubur kembali. Come on Sutil!!

Dan akhirnya lomba ditutup dengan kemenangan Lewis Hamilton, yang akhirnya menyelesaikan lomba dengan waktu dua jam (lap tidak dihitung kembali, karena limit F1 dua jam tidak bisa dipenuhi dengan total 78 laps dan kondisi yang tidak bisa dipredikisi di Monaco 2008), disusul Kubica dan Massa. Juara tahun 2007, Fernando Alonso benar-benar gigit jari di Monaco ini dengan Renaultnya.....Oh Alonso....

Superb Race!!! Sampai jumpa di Canada 8 Juni 2008.......

No comments: