Thursday, June 5, 2008

2008 NBA Finals: Yang Klasik Pasti Asik!

Dan panggung itu pun telah siap...

Penggemar basket di dunia ini sedang menantikan final dari liga termenarik di dunia (itulah klaim arogan dari orang amerika sono; bahkan mereka mengklaim juara liga negaranya sebagai "World Champion"!), dalam pagelaran bertajuk "2008 NBA Finals".

Klasik! Begitu komentar sebagian besar penggemar -- sedikit yang tidak berkomentar seperti itu adalah orang-orang yang jarang membaca berita NBA, atau memang membenci kedua tim ini sekaligus -- , dan memang tidak salah, karena BOSTON CELTICS dan LOS ANGELES LAKERS telah bertemu 11 kali, rekor terbanyak dalam partai final NBA. Jumlah gelar dan partisipasi mereka di ajang final pun menempati 2 peringkat atas. Celtics masih memegang rekor juara terbanyak dengan 16 kali (20 kali masuk final, termasuk 2008), disusul Lakers dengan 14 kali (29 final, termasuk 2008); sementara tim lain masih berjuang untuk dapat meraih gelar dengan jumlah 2 digit, atau sekedar masuk final.

Lalu, bagaimana dengan hasil pertemuan mereka? Celtics menang 8 kali dalam 10 kali final sebelum ini. Di masa-masa awal NBA, mereka begitu perkasa dengan bintangnya Bill Russell dan pelatih Arnold Jacob "Red" Auerbach tidak mampu ditandingi oleh bintang Lakers seperti Elgin Baylor dan Wilt Chamberlain. Dua kemenangan Lakers diperoleh di era 80an, saat terjadi pertarungan antara 2 legenda NBA, Larry Bird (Celtics) dan Earvin "Magic" Johnson (Lakers). Dan sejak 1987, mereka harus menunggu 21 tahun untuk dapat bertemu lagi dalam partai terbesar di sepanjang kompetisi ini. Suatu partai yang tentunya juga sangat dinantikan oleh para petinggi ABC, karena mereka sangat berharap bahwa rating final kali ini tidak seburuk musim lalu (baca ini).

Sedikit analisa berdasarkan pertemuan kedua tim di musim reguler, Celtics mengungguli Lakers dalam 2 pertemuan kandang dan tandang. Celtics mempunyai rekor 10-1 di kandang dan 2-7 saat bertandang selama playoff wilayah Timur; sementara Lakers mencatat rekor sempurna 8-0 di kandang dan 4-3 di kandang lawan. Melihat keadaan ini, kemenangan kandang tetap menjadi kunci, dimana Celtics diuntungkan karena memiliki rekor reguler yang lebih baik dari rivalnya. Namun Lakers sendiri mempunyai kelebihan di sisi permainan saat bertandang, dimana mereka baik sekali dalam menghadapi partai-partai krusial di kandang lawan, seperti saat melawan DENVER NUGGETS, UTAH JAZZ, maupun SAN ANTONIO SPURS; suatu hal yang justru kebalikannya terjadi pada Celtics: mereka tidak pernah menang saat tandang ke ATLANTA HAWKS dan CLEVELAND CAVALIERS. Untungnya mereka mampu mengambil 2 partai di kandang DETROIT PISTONS sehingga mental mereka membaik menghadapi partai tandang di final.

Pertarungan antar protagonis akan melibatkan MVP NBA 2008 KOBE BRYANT dan Pemain Bertahan Terbaik 2008 KEVIN GARNETT. Bryant akan dibantu oleh Derek Fisher, Vladimir Radmanovic, Lamar Odom, dan Pau Gasol. Sedangkan bintang yang berdiri di sisi Garnett adalah Rajon Rondo, Ray Allen, Paul Pierce, dan Kendrick Perkins. Dari sisi pengalaman, hampir tidak ada bedanya kalau melihat lama bermain di NBA, hanya saja Lakers dapat disebut lebih berpengalaman karena beberapa pemainnya sudah mempunyai cincin juara NBA, sementara di kubu Celtics hanya James Posey dan Sam Cassell yang mempunyai cincin juara. Dalam situasi seperti ini, pengalaman di final mempunyai dampak besar, sehingga Lakers lebih diunggulkan dapat pulang membawa gelar tahun ini, sekaligus mendekati perolehan gelar rival beratnya itu.


Apa pun tim pilihan anda, selamat menikmati 2008 NBA Finals!

No comments: