Tuesday, June 10, 2008

TU(L)AH TUAN RUMAH

Seperti mau "berempati" dengan partnernya, Austria juga menelan kekalahan menyesakkan dari Kroasia, yang masih belum diperkuat striker utamanya, Eduardo Da Silva. Gol yang didapat dari titik penalti karena kesalahan Rene Aufhauser menjaga Ivica Olic, diceploskan dengan tenang oleh bintang mudanya, Luca Modric. Gol ini langsung membuat Austria bermain menyerang, sayangnya tanpa didukung penuh oleh strategi yang matang sehingga tidak ada ancaman yang berarti yang mampir ke gawang Stipe Pletikosa, rekor buruk sepanjang ujicoba yang belum juga berhenti memasuki kompetisi sebenarnya.

Bukan bermaksud untuk kompak dengan hasil di grup A, namun di pertandingan kedua, Jerman menaklukkan Polandia 2-0 melalui bantuan seorang remaja keturunan Polandia. Polandia yang mendapat giliran bola pertama langsung menggebrak dan memaksa Jens Lehmann membuat blunder, namun tidak dapat dimaksimalkan kapten Maciej Zurawski. Sayang, karena jika mereka memimpin lebih dahulu, mungkin hasilnya tidak seburuk itu. Jerman kemudian mengambil kendali permainan, dan memetik hasilnya melalui sebuah kerjasama indah dari Mario Gomez dan Miroslav Klose, yang dituntaskan oleh Lukas Podolski. Malah mereka bisa unggul lebih cepat, namun Gomez terlambat mengantisipasi umpan Klose, yang lolos dari jebakan offside. Setelah 1-0, Jerman terlihat santai, keadaan yang nyaris harus dibayar mahal memasuki babak kedua. Masuknya Roger Guerreiro menggantikan sang kapten mampu menghidupkan permainan Polandia, dan mereka bermain penuh kreativitas dan energi. Tak ingin mengulang kesalahan 4 tahun lalu, Jerman bangkit dan bertekad untuk mengamankan kemenangannya. Bastian Schweinsteiger masuk dan membuat lini tengah Jerman kembali agresif mengendalikan serangan. Dalam suatu kemelut, bola yang salah ditendang Klose mampir ke kaki Podolski, dan dengan keras dihujamkan ke pojok kiri atas gawang Artur Boruc, 2-0.


Hari ini akan dilangsungkan partai grup "neraka" yang memuat 3 tim juara eropa dan tim unggulan keempat terbaik dari seluruh grup. Rugi jika Anda tidur malam ini.

No comments: